Sabtu, 23 April 2016

CARA MUDAH MEMINDAHKAN TULISAN DARI BUKU KE MICROSOFT WORD UNTUK DI EDIT



Assalamualaikum wr.wb...


Langsung saja tanpa mukadimah, pada pagi yang cerah ini saya akan berbagi sebuah trik tentang “lihat judul diatas”. Sebenranya sih memindahan file tulisan yang sudah di print, kemicrosoft word sangatlah mudah, namun kurangnya anda mengobok-obok fasilitas yang telah disediakan microsoft dan windiows membuat anda tidak move on - move on.

Disini saya menekankan bahwa postingan ini dibuat hanya untuk pembelajaran semata dan untuk menambah wawasan saja, namun diharapkan tidak di pergunakan untuk hal-hal berbau plagiat (contoh: copy paste skripsi), pelanggaran hakcipta, dan perbuatan tercela lainnya yang dapat merugukan pihak lain.

Langsung saja tanpa basa-basi, hal-hal yang perlu disiapkan antara lain:
     1-      Secangkir teh panas
     2-     Buku yang hendak dicopy tulisannya
     3-     Sediakan Komputer/laptop sendiri (nggak boleh minjam)
     4-     Scanner atau kamera digital atau kamera android yang jepretannya bersih (2 Mega pixel keatas)

LANGKAH-LANGKAH EXEKUSI

     1. Scan atau jepret halaman buku sesuai kebutuhan. (pastikan yang tertangkap kamera hanya file tulisan buku, tidak ada objek lain yang masuk lensa)
Contoh seperti hasil scan berikut ini (kalau bisa nggak ada hitam-hitamnya di pinggir)

      2. Buka aplikasi Microsoft Onenote
       Nggak punya aplikasinya? Yang benar? Ciuz?, Pasti ada kok. Makannya sering-sering utak-atik komputer dong... kalau komputer yang sudah terinstal micrsoft office, kemungkinan besar mirosoft OneNot juga sudah terinstal secara otomatis. Coba saja klik start, lalu ketik Onenote, maka aplikasinya akan keluar secara otomatis, kalau tetap tidak keluar, I’m sorry to hear that. (lebay sok pakai bahasa inggris).

3. Copy kan file gambar yang sudah di Jeppret tadi satu persatu kedalam aplikasi onenote, lalu tunggu agak    5 detik (komputer berproses membaca tulisan)
     4. Lalu klik kanan pada gambar tersebut ----->  Copy text from picture. (kalau tidak bisa di klik, berarti komputer belum selesai membaca tulisan, coba lagi beberapa detik kemudian.

     5.      Buka aplikasi microsoft word

     6.      Lalu pastekan dengan menekan tombol Ctrl + V


      7.      Edit tulisan tersebut sesuka kalian

           Gimana? Simpel kan?,  jadi mulai dari sekarang kalau mau mengkopi text panjang dari buku, nggak usah repot-repot mengetik semuanya sampai jari-ari bengkak, mata merah kayak zombi segala, ha...ha...ha...ha.
          Ok sob, tampaknya sudah tiba waktunya untuk kita berpisah, tunggu postingan ane yang berikutnya ya. Sekian dulu postingan nya, semoga bermanfaat, wabillahitaufiq walhidayah.

Wassalamualaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar